Kemeja PDL adalah jenis pakaian dinas yang biasanya dikenakan di luar gedung atau di lapangan. Biasanya terbuat dari bahan yang lebih ringan dan nyaman seperti katun atau polyester. Saat ini model baju kemeja PDL selalu mempunyai pembaruan desain sehingga bisa tetap tampil modis meskipun dilapangan. Selain itu, bahan kain kemeja yang tebal pun dapat melindungi kulit dari panas, gangguan serangga, dll. Pakaian ini sering dipakai oleh instansi pemerintah maupun swasta yang menginginkan kesan formal dan profesional.

Kemeja PDL memiliki kain yang cenderung tebal, umumnya menggunakan kain drill. Ciri khas lainnya kemeja PDL  memiliki tambahan tertentu seperti saku, kancing, hingga kerah. Jadi, perlu diperhatikan sebelum membuat baju kemeja kerja lapangan karena yang dipilih bukan hanya desainnya saja tapi juga fungsinya.

Ciri khas selanjutnya yang seringkali kita temui pada baju PDL yaitu bagian belakang baju terdapat jaring atau lubang angin. Manfaat dari lubang angin adalah untuk membantu sirkulasi udara masuk, sehingga tidak membuat gerah. Hal itu pun tentunya membuat tampilan kemeja lebih unik dan nyaman digunakan.

 

  1. Bahan Kain Kanvas

Tips Memilih Kain Kanvas untuk Jaket | Toko Kain Surabaya

Kanvas sendiri mempunyai beberapa jenis dengan tingkat ketebalan, keunggulan dan kekurangan masing-masing. Bahan kain kanvas yang umum untuk bahan dasar pakaian yaitu seperti baby kanvas,  kanvas marsoto dan kanvas sweding. Kain kanvas saat ini banyak digunakan sebagai bahan dasar jaket, kemeja kantor, celana PDL, topi, hingga tas.

Bahan kain baby kanvas mempunyai karakter halus dan tidak kaku, serta memiliki pori-pori yang lebih kecil sehingga permukaan kainnya terlihat lebih bagus jika di kenakan. Namun dari segi ketebalan bahan kain baby kanvas lebih tipis. Walaupun begitu bahan kain kanvas cenderung lebih tebal jika dibandingkan dengan bahan kain jenis drill.

2. Bahan Kain American Drill

Kain American Drill, Bahan Seragam Kantor Berkualitas dan Harga Terjangkau

Bahan American Drill adalah jenis bahan yang terbuat dari campuran polyester dan viscose, dengan perbandingan komposisi polyester yang lebih banyak yakni sekitar 65% dan viscose 35%. Kain American Drill ini sering dibuat untuk berbagai kebutuhan seragam seperti kemeja, celana, jaket, rompi bahkan jas almamater.

Kain american drill memiliki daya tahan yang relatif stabil dan awet, serta warna tidak luntur untuk jangka panjang. Cocok untuk full bordir, dengan memiliki karakteristik tebal, pintalan benang kuat, maka tidak heran jika seragam ini sangat cocok untuk ditambahkan aksesoris bordir untuk seragam.
3. BahanKain Japan Drill
Apa Itu Kain Drill: Tebal, Kuat, dan Nyaman dalam Satu Kain
Japan Drill merupakan jenis kain yang dikenal dengan tekstur yang kokoh dan tebal karena memiliki ukuran serat benang yang besar. Kain Japan drill sangat tahan lama meski dicuci dan digunakan berulang kali. Ketahanan ini bisa dilihat dari kualitas kain yang tak mudah mengalami deformasi, baik dari segi bentuk dan warna. Dengan perawatan yang tepat, baju atau seragam akan tampak seperti baru untuk jangka waktu lama.
4. Bahan Kain Oxford
Mengenal Bahan Kain Oxford, Kelebihan Serta Kekurangannya
Kain oxford umumnya dibuat dari benang katun atau polyester. Bahan kain oxford memiliki struktur yang kuat dan tahan lama, dan juga memiliki tekstur yang lembut dan halus. Memiliki bahan perpaduan antara katun dan polyester, sehingga kain jenis ini akan memiliki kemampuan menyerap keringat dan nyaman dipakai di wilayah tropis seperti Indonesia.
5. Bahan Kain Ripstop
Kain Ripstop | Penggunaan & Keunggulan - Diamond Konveksi
Bahan ripstop adalah kain yang memiliki permukaan dengan tekstur kotak-kotak. Kain ini tergolong sebagai kain tenun yang biasanya terbuat dari benang nilon yang diproses dengan hatchback stich (silang balik), dengan hasil akhir tekstur kotak-kotak. Proses inilah yang membuat kain menjadi lebih kuat dan tahan sobek.
Kain ripstop mampu menyerap keringat dengan baik sehingga nyaman digunakan. Meskipun kuat, rapat dan cukup kasar, tetapi kain ripstop tidak mudah menyerap panas, walaupun kain ini memiliki ketahanan air. Untuk orang yang menggunakan pakaian berbahan kain ini lebih nyaman untuk digunakan di cuaca panas sekalipun.